Tumor Pada Otak

Tumor pada otak cukup sering terjadi. Namun penyakit tumor otak ini diakibatkan karena keturunan atau genetic sangat jarang ada. Faktor penyebab tumor pada otak yang sampai saat ini belum diketahui. Sekali-sekali muncul suatu limfoma ganas, terutama jika da masalah dengan kekebalan tubuh. Pada penyakit tumor pada otak, yang menjadi focus masalah adalah ruangan, jadi meningginya tekanan yang ada di dalam tengkorak. Oleh karena itu, timbul nyeri kepala, mual dan juga muntah, gangguan penglihatan, dan rasa yang mengantuk. Dapat dipahami juga bahwa nyeri otak yang dirasakan merupakan nyeri yang menekan diseluruh kepala. Mual yang dirasakan adalah salah satu gejala sentral yang berasal dari susunan saraf pusat dan juga tidak ada hubungannya dengan makanan, lambung, perut, atau sesuatu maupun orang lain. Keluhan bisus terjadi karena tekanan yang aada dikepala pada saraf mata dan juga dorongan yang pada pemeriksaan mata terlihat sebagai edema dari selaput jaringan.

Tumor Pada Otak

Tumor Pada Otak

Gejala tumor pada otak yang lain adalah rasa mengantuk yang merupakan salah satu gejala sentral, dapat bertambah parah sampai menyebabkan pingsan pada si penderita dan berakhir dengan adanya koma. Rangsangan setempat pada otak karena adanya pertumbuhan yang masuk dari tumor ke dalam jaringan otak sehat, terlihat berupa pingsan dengan kejang atau epilepsy. Pada orang dewasa yang belum pernag mengalami pingsan pada sebelumnya, suatu serangan epileptic berulang, dan juga sangat mencurigakan. Terkadang serangan ini merupakan tanda atau gejala pertama pada tumor otak.

Gejala tumor otak yang ditunjukkan berkurangnya fungsi neurologis karena kehilangan jaringan otak adalah khas bagi suatu tumor ganas. Hilangnya fungsi dapat berbentuk berkurangnya fungsi motoris, dalam hal ini kelumpuhan tertentu yang terjadi pada satu otot atau kelompok otot. Berkurangnya fungsi sensoris, kehilangan rasa di dalam daerah tertentu atau baal, terjadi sesuai dengan tempat tumor pada otak. Berkurangnya fungsi dapat terjadi karena pertumbuhan masuk tumor ke dalam pusat-pusat fungsi yang berkaitan di dalam otak, seperti pendengaran, keseimbangan, penciuman,penglihatan dan gangguan bicara juga serta bahasa, dalam arti bicara, memahami, membaca dan juga menulis.

Terkenanya pada pusat untuk bicara dan bahasa, seperti membaca, atau menulis dan merumuskan serta memahami apa yang dikatakan atau ditulis, sangat mengganggu komunikasi. Keadaan yang terjadi ini memang kejam dan juga tidak dapat dipahami, terkadang berlangsung cepat, suatu perpisaham menyedihkan dengan kontak manusiawi, membuat penderita kehilangan kontak dengan orang terdekat.

Tanda-tanda yang menunjukkan tumor pada otak adalah :

  1. Sakit kepala yang sering terjadi dan biasanya akan menjadi semakin parah
  2. Biasanya pola sakit kepala akan mengalami perubahan
  3. Mual dan juga muntah yang terjadi namun tidak diketahui penyebab pastinya
  4. Gangguan pada penglihatan, seperti penglihatan yang mulai kabur, menjadi dua atau ganda, dan bisa juga penglihatan menjadi hilang.
  5. Gangguan pada pendengaran
  6. Bagian tubuh biasanya merasakan mati rasa dan tidak bisa digerakkan secara normal
  7. Keseimbangan yang terganggu
  8. Susah dalam berbicara dengan jelas
  9. Kepribadian yang berubah menjadi lebih emosional dan tersinggung
  10. Kejang

Tumor pada otak juga bisa menimbulkan suatu komplikasi, seperti :

  1. Edema serebral
    Hal ini terjadi karena adanya suatu peningkatan yang terjadi pada cairan otak dengan berlebihan yang kemudian mengalami penumpukan pada sekitar lesi sehinhga menyebabkan efek massa menambah dan mendesak atau space occupying. Edema serebri bisa terjadi ekstrasel atau vasogenik atau juga intrasel (sitotoksik)
  2. Hidrosefalus
    Gangguan ini terjadi dengan meningkatnya intracranial yang disebabkan oleh adanya ekspansin massa yang ada di dalam rongga cranium yang tertutup yang bisa di eksaserbasi jika obstruksi terjadi di aliran cairan serebrospinal akibat massa.
  3. Herniasi otak
    Komplikasi ini ditandai dengan meningkatnya cairan intracranial yang terdiri dari herniasi sentra, singuli, dan unkus.
  4. Epilepsi
  5. Mtastatse ketempat yang lainnya.

Pengobatan yang dilakukan tumor pada otak adalah :

  1. Terapi radiasi
    Terapi radiasi ini dilakukan dengan menggunakan sinar yang berenergi menjadi lebih tinggi misalnya seperti sinar-X atau proton yang dilakukan untuk memusnahkan sel tumor. Terapi radiasi yang biasanya dilakukan menggunakan mesin radiasi eksternela yang ada di luar tubuh atau juga dengan cara menempatkan radiasi yang ada di dalam tubuh Anda yang beredekatan dengan sel tumor, dan walaupun hal ini biasanya jarang dilakukan. Namun kebanyakan dari pengidapnya akan dirujuk untuk melakukan terapi radiasi eksternal dimana pancaran dari radiasi ini difokuskan pada daerah otak yang terserang sel tumor.
  2. Radiosurgery
    Pengobatan tumor pada otak jenis ini dilakukan dengan cara menggunakan beberapa buah balok radiasi yang mmepunyai fuungsi untuk membunuh sel-sel tumor pada daerah yang kecil sekalipun. Pancaran dari radiasi yang tidak terlalu kuat, namun pada titik dimana adanya suatu balok radiasi, maka pancaran radiasi akan menjadi lebih kuat dan dosisnya juga menjadi lebih besar. Biasanya efek sakit yang muncul dari terapi jenis ini adalah sakit kepala, kelelahan, dan juga rasa mual.

Tumor Pada Otak

 


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tumor Otak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *